Selasa, 04 Agustus 2015

Organizing

21.10 Posted by Unknown No comments
Pengorganisasian adalah memutuskan bagaimana cara terbaik untuk mengelompokkan aktivitas dan sumber daya organisasi.


Membangun Organisasi:

1. Merancang Pekerjaan

Tugas dalam organisasi dibagi menjadi bagian kecil atau disebut juga spsialisasi pekerjaan.

Kelebihan: Seseorang yang bekerja dengan tugas tertentu terus menerus akan menjadi lebih pandai, mempersingkat waktu, dan mengurangi biaya untuk pelatihan karyawan.

Kekurangan: Pekerja akan menjadi bosan dan tidak puas dengan pekerjaannya. Hal ini dapat diatasi dengan job rotation, job enlargement, dan job enrichment.


2. Mengelompokkan Pekerjaan

Pekerjaan sejenis dikelompokkan dan dikerjakan bersama atau disebut juga departementalisasi.

Dasar pengelompokan:
Fungsional (berdasarkan fungsi), produk (fungsi yang sama tetapi poduk yang dihasilkan berbeda, matriks (campuran fungsi dan produk), pelangan (perbedaan sasaran pelanggan, seperti pada bank), lokasi (sesuai lokasi/cabang organisasi)


3. Menciptakan Hubungan Pelaporan

Setiap orang dalam organisasi harus memiliki pelaporan yang jelas.

Rentang manajemen adalah jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh manajer. Hal ini dapat berbeda tergantung struktur dan tujuan organisasi tersebut. Terdapat 2 macam rentang manajer yaitu rentang luas dan sempit.

Rentang luas adalah manajer dengan bawahan banyak. Kelebihan rentang luas: mempercepat penyebaran organisasi, mengurangi distorsi informasi dan pengunaan sumber daya manajemen secara efisien.

Rentang sempit adalah rentang manajer dengan jumlah bawahan sedikit atau karyawan terbagi menjadi beberapa divisi. Kelebihan rentang sempit: dapat meningkatkan produktivitas.


4. Mendistribusikan otoritas

Pelimpahan kerja dari manajer kepada bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi. Terbagi menjadi dua yaitu desentralisasi dan sentralisasi.

Desentralisasi adalah proses mendelegasikan kekuasaan dan otoritas kepada manajer tingkat menengah dan bawah di seluruh organisasi.

Sentralisasi adalah proses mempertahankan kekuasaan dan otoritas pada manajer puncak.


5. Membedakan Antar Posisi

Membedakan tugas dan wewenang antara posisi lini dan staff.

Staff adalah individu/kelompoj dalam suatu struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan pelayanan kepada fungsi lini.

Lini adalah individu/kelompok yang mengerjakan tugas pokok organisasi.



Oleh:
Deanova Sabila
D3 Pajak 1H / 15

0 komentar:

Posting Komentar