Selasa, 04 Agustus 2015

Manajer Sebagai Pembuat Keputusan

21.08 Posted by Unknown No comments
MANAJER SEBAGAI PEMBUAT KEPUTUSAN

Keputusan adalah membuat sebuah pilihan dari dua atau lebih alternatif
Proses pembuatan keputusan adalah :
·         Mengidentifikasi sebuah masalah dan criteria keputusan dan mengalokasi bobot criteria
·         Mengembangkan, menganalisis, dan memilih alternative yang mana dapat menyelesaikan masalah
·         Mengimplementasikan alternative yang sudah terpilih
·         Mengevaluasi efektifitas dari pengembilan keputusan

Langkah langkah dalam pembuatan keputusan

Langkah 1 : mengidentifikasi suatu masalah
Masalah adalah perbedaan antara kondisi yang ada dan yang diinginkan. Masalah mempunyai beberapa karakteristik yaitu sebuah masalah akan menjadi masalah jika seorang manajer become aware of it, adanya tekanan dalam menyelesaikan masalah, dan manajer harus mempunyai otoritas, informasi, atau sumber yang di butuhkan untuk menyelesaikan masalah. Contohnya Debri, sebagai manajer mempunyai karyawan di bidang computer. Belakangan ini produktifitas karyawan menurun karna computer yang digunakan suda tua da usanng. Dalam hal ini ditemukan suatu masalah yaitu, Karyawan membutuhkan computer baru.

Langkah 2 : mengidentifikasi kriteria keputusan
Setelah manajer mengidentifikasi masalah, dia harus mengidentifikasi kriteria keputusan. Kriteria tersebut menyangkut biaya yang akan terjadi dan resiko yang akan dihadapi dan hasil yang diinginkan. Dari contoh dibawah, Debri mempertimbangkan kapasitas memori dan dan penyimpanan tampilan, berat, garansi, dan daya tahan baterai.


Langkah 3 : mengalokasikan bobot kriteria
Jika criteria yang relevan tidak sama arti pentingnya, pembuat keputusan harus member bobot pada msing masing criteria agar dapat memberinya prioritas yang tepat dalam membuat keputusan. Cara yang sederhana adalah dengan member bobot 10 pada criteria yang paling penting dan kemudian member bobot pada criteria yang lain dengan menggunakan standar tersebut.

Langkah 4 : menganalisis alternative
Ini merupakan langkah dimana pembuat keputusan harus kreatif. Pada titik ini alternatif hanya di daftar, tidak di evaluasi. Debri sebagai manajer mengidentifikasi 8 komputer sebagai pilihan yang mungkin.

Langkah 5 : menganalisis alternative
Setelah alternative diidentifikasi, pembuat keputusan harus mengevaluasi setiap kemungkinan dengan menggunakan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Caranya yaitu dengan menilai kekurangan dan kelebihan masing masing criteria. Gambar di atas menunjukan nilai yang diberikan Debri kepada setiap alternative setelah melakukan penelitian atasnya.


Langkah 6 : memilih sebuah alternative
Langkah keenam dalam proses pembuatan keputusan adalah memilih alternative terbaik atau yang menghsilkan total tertinggi di langkah 5.  Dalam contoh ini, Debri memilih computer merek Dell Inspiron karna menghasilkan skor tertinggi. 

Langkah 7 : mengimplementasikan alternative
Dalam proses pembuatan keputusan, anda menerapkan keputusan ke dalam tindakan dengan memberlakukan kepada mereka yang terpengaruh dan membuat mereka berkomitmen terhadapnya. Hal lain yang mungkin harus dilakukan manajer selama implementasi adalah menilai uang lingkungan untuk setiap perubahan, terutama dengan keputusan jangka panjang.

Langkah 8 : mengevaluasi efektifitas keputusan
Langkah terakhir dalam proses pembuatan keputusan melibatkan evaluasi hasil ke[utusan untuk melihat apakah masalah tersebut terpecahkan. Jika masih saja terdapat masalah, mungkin membuat anda harus melakukan lagi langkah langkah sebelumnya atau bahkan harus mengulangi seluruh proses awal.




 Oleh:
Oktavianus Debri Hendratno

0 komentar:

Posting Komentar