Minggu, 05 April 2015

Bisnis dan Manajemen

14.29 Posted by Unknown No comments
FAKTOR  YANG MEMENGARUHI IKLIM BISNIS
beberapa faktor yang memengaruhi iklim bisnis yaitu :
1) INVESTASI
Dalam suatu kegiatan usaha/bisnis, jika ada investasi masuk maka hal tersebut akan berpengaruh ke berbagai faktor yang ada disekitarnya. contohnya : terdapat suatu lahan kosong yang akan dibangun sebuah pabrik oleh seorang Investor baik asing maupun dalam negeri. Dalam proses pembangunan pabrik tersebut pasti akan membutuhkan bahan-bahan bangunan dalam jumlah yang banyak, secara otomatis maka penjualan bahan bangunan akan naik dan menambah omzet penjual bahan  bangunan. akibat lain dari didirikannya pabrik tersebut adalah perekonomian masyarakat sekitar akan ikut terkena juga dampaknya. masyarakat sekitar yang sebelumnyahanya menggunakan rumahnya sebagai tempat tinggalakan berinisiatif untuk membangun kontrakan atau kos-kosan untuk para pekerja pabrik, selain itu banyak rumah makan  yang akan dibangun. Hal tersebut merupakan dampak positif yang didapat masyarakat sekitar.
Hal tersebut merupakansalah satu contok dari Efek Multiplier
2) TABUNGAN
Jumlah yang diputuskan oleh seseorang untuk ditabung akan memengaruhi kuat-lemahnya multiplier. Semakin banyak tabungan berarti semakin sedikit daya beli masyarakat. namun, dalam jangka panjang tabungantersebut dapat menjadi investasi.
3) PEMERINTAH
Dalam hal ini pemerintah berwenanguntuk menentukan kebijakan fiskal seperti menaikkan atau menurunkan tarif pajak dan pembatasan atau penambahan pengeluaran
4) INFLASI
Inflasi merupakan proses meningkatanya harga-harga secara umum dan terus menerus berkaitan dengan mekanisme pasar. Akibat dari inflasi ini adalah daya beli masyarakat menjadi rendah. orang akan cenderung berfikir ulang untuk membelanjakan uangnya.
5) PRODUKTIVITAS
beberapa hal yang mempengaruhi produktivitas adalah : Sumber Daya manusia, Budaya, dan etos kerja.
Dapat dikatakan bahwa produktivitas pekerja Indonesia masih dianggap rendah, oleh karena itu banyak perusahaan luar negeri yang akhirnya memindahkan usahanya ke negara lain dengan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.
6) PENGANGGURAN
Jumlah pengangguran yang tinggi akan berpengaruh pada aspek sosial dan ekonomi. Banyaknya jumlah pengangguran akan menyebabkan daya beli masyarakat rendah serta tingkat kriminalitas yang tinggi. Hal ini akan membuat para investor berpikir ulang untuk membangun pabrik baru.

FUNGSI BISNIS DALAM MIKROEKONOMI DAN MAKROEKONOMI
MIKROEKONOMI
Kontribusi kepada pihak yang berperan langsung
1) Pekerja/karyawan
pekerja menginginkan gaji yang layak darihasil kerjanya, sedangkan manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditentukan dengan besarnya omzet atau keuntungan
2) Dewan Komisaris
Memantau kegiatan danmengawasi manajemen, memastikan kegiatan berjalan agar tujuan perusahaan tercapai
3) Kompetitor

MAKROEKONOMI
1) Masyarakat sekitar perusahaan
memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan
2) Bangsa dan negara
Tanggung jawabkepada bangsa dannegara yang diwujudkan degan membayar pajak

ELEMEN BISNIS
1) MODAL/CAPITAL
Modal dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis seperti memperoleh bahan baku,upah tenaga kerja, dan lain sebagainya. Modal dapat diperoleh dari berbagai sumber : modal sendiri, modal pinjaman, serta modal patungan (gabungan beberapa orang)
2) BAHAN BAKU/MATERIAL
Semua bahan alam yang digunakan untuk mengahsilkan barang dan jasa yang diperlukan konsumen. produsenharus memperhatikan kualitas bahan baku, karena kualitas bahan baku akan memperngaruhi kualitas barang produksi.
3) SUMBER DAYA MANUSIA
Karyawan yang dipekerjakan dalam sebuah perusahaan harus memiliki kemampuan kompetitif dan kemampuan berkualitas tinggi agar perusahaan dapat bersaing dengan bagus.
4) KETRAMPILAN MANAJEMEN
Ketrampilan yang paling penting adalah ketrampilan seorang manajer yang dapat membantu karyawan menjadi lebih produktif.

RUANG LINGKUP
1)  EKSTERNAL
Ruang lingkup eksternal dibagi menjadi dua,yaitu Makro/Tidak langsung dan Mikro/langsung (Langsung memengaruhi pengambilan kebijakan pemerintah)
- Makro : teknologi, lingkungan sosial, ekonomi
- Mikro : pesaing, langgana, tenaga kerja, dan lembaga keuangan
2) INTERNAL
yaitu lingkungan organisasi bisnis tersebut


----------------------------------------------------------------------
MANAJEMEN DAN MANAJER

Manajemen merupakan suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.

Manajemen merupakan sains namun juga merupakan seni. mengapa dikatakan begitu?
Ciri manajemen merupakan sains,
a. Pendekatan melalui tahapan yang sistematis
b. Diperlukan keahlianteknis, diagnostik pengambilan keputusan
Sedangkan manajemen sebuah seni, karena:
a. Dalam menghadapi permasalahan diperlukan Intuisi dan perasaan berdasarkan pengalaman
b. Diperlukan keahlian konseptual, kreativitas, dan komunikasi interpersonal.

SARANA MANAJEMEN
a. men
b. money
c. method
d. machine
e. material
f. market

Didalam manajemen,untuk mencapai tujuannya ada beberapa fungsi, yaitu
a. planning
Fungsi yang utama dan yang terpenting, digunakan agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masyarakat.
b. organizing
Fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokkan pekerjaan, mendelegasikan wewenang dan mengkoordinasikan aktivitas.
c. controlling
Merupakan kegiatan untuk mengarahkan agar semua angggota organisasi melaksanakan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan.
d. leading
Merupakan aktivitas yang menemukan, mengoreksi apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.


-MANAJER-
Manajer adalan seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut.
Manajer dibagi menjadi 3 tingkatan,yaitu
1. Manajer puncak (Top Manager)
tugas top manager :
- tujuan  organisasi
- strategi
- kebijakan operasional
2. Manajer menengah (Middle Manager)
tugas :
- mengimplementasikan rencana dan kebijakan
- mengevaluasi, mensupervisi
- mengkoordinasikan aktivitas
3. Manajer lini pertama (Firts-line manager)
tugas :
- mengawasi dan mengkoordinasikan karyawan
- mengkoordinasikan aktivitas

BIDANG DALAM ORGANISASI/MANAJEMEN
1. Pemasaran
2. Keuangan
3. Sumber daya manusia
4. Operasi

PERAN MANAJERIAL
1. INTERPERSONAL ROLES
- figurehead
- lead
- liaison (penghubung)
2. INFORMATION ROLES
- monitor
- disseminator (penyebar informasi)
- spokesperson
3. DECISIONAL ROLES
- enterpreneur
- disturbance handler (penengah keributan)
- resource allocator
- negotiator

KETRAMPILAN MANAJERIAL
Ketrampilan-ketrampilan yang harus dimiliki manajer agar dalam mengelola organisasi atau perusahaan dapat efektif,yaitu :
a. KETRAMPILAN KONSEPTUAL
kemampuan mental untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi.
b. KETRAMPILAN TEKNIS
Ketrampilan  untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin,teknik, dan metode bidang tertentu. seperti : mkomputer, akuntansi, produksi, dan lain-lain.
c. KETRAMPILAN INTERPERSONAL/ HUMAN SKILLS
Ketrampilan untuk bekerja dengan memahami, memotivasi, berkomunikasi dengan individu maupun kelompok.
d. KETRAMPILAN ADMINISTRATIF
ketrampilan untuk mengikuti kenijaksanaan, prosedur, dan mengelola secara efektif dan efisien.

Oleh:
Nanda Suci Nuryana

0 komentar:

Posting Komentar