Minggu, 29 Maret 2015

Pengertian Manajemen

16.37 Posted by Unknown No comments
                Belajar manajemen pasti dominan kita langsung berpikiran tentang organisasi. Ya benar, manajemen memang diperlukan di suatu organisasi. Namun, manajemen juga kita perlukan oleh tiap- tiap individu. Seperti yang sering kita dengar dari nasihat orang tua kita tentang memanajemen waktu, yang mulai dari waktu belajar, main game, hubungan sosial, dsb.

                Nah, yang paling membutuhkkan manajemen biasanya adalah organisasi. Organisasi itu apasih? Organisasi itu kalo kata dosen kita sendiri adalah kelompok yang terstruktur (yang punya fungsi beda-beda dijadiin 1) yang bekerjasama untuk mencapai tujuan yang udah ditetapin. Kita tahu tujuan organisasi itu apa diliat dari visinya cuy. Hal/ input/ sumber daya yang pasti ada di semua organisasi itu, ada:
-          Manusia ;mis direktur, dosen, mahasiswa
-          Finansial ;mis APBN, dana dari USM (BLU)
-          Fisik ;mis ruang kelas, komputer
-          Informasi ;mis dari internet, kuesioner, literatur
Itu tuh contoh yang ada di STAN sendiri, guys.

            Defenisi manajemen sendiri berbeda- beda tiap orang yang mengartikannya. Manajemen adalah proses yang mencakup POLC (Planning, Organizing, Leading, and Controlling) dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dengan mempergunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Manajemen singkatnya adalah cara/ proses yang dilakukan dalam pencapaian tujuan pribadi dan organisasi. Apa yang dimaksud dengan efektif dan efisien? Efektif mengarah pada tercapainya tujuan yang telah ditetapkan atau hasil yang kita dapatkan paling sesuai. Misalkan, Sheila hendak ke Bogor dengan mobil dan menargetkan sampai pada pukul 16.00. Ternyata, Sheila sampai di Bogor pukul 15.30. Dalam hal ini Sheila melakukannya secara efektif. Efisien adalah dengan effort atau sumber daya sekecil mungkin, kita mendapat hasil sebanyak mungkin. Misalnya, Sheila tadi, pergi dengan kecepatan konstan, dan selamat sampai tujuan pukul 15.59. Contoh kasus yang tidak efisien adalah saat Sheila mengendarai mobilnya kebut- kebutan sehingga di tengah jalan dia menerobos lampu merah, menabrak orang, dan kena tilang, walau dia sampai di Bogor pukul 15.00. Kelihatan kan bedanya...
                     

Nah, jadi gitu kalo kita hendak mencapai tujuan kita harus mengerti dan menerapkan manajemen dalam kegiatan kita. Semoga bermanfaat yak. 

Oleh:
Rafika Surya Manulang

0 komentar:

Posting Komentar